Public Relations itu sebenarnya?”
- PR merupakan proses interaksi.
PR menciptakan opini public sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak.
PR adalah fungsi manajemen.PR menumbuhkan
dan mengembangkan hubungan baik antara
lembaga dan organisasi dengan publiknya, baik
internal maupun eksternal.
- PR merupakan aktivitas di berbagai bidang ilmu (PR adalah multidisiplin ilmu).
PR menanamkan pengartian, menumbuhkan
motivasi dan partisipasi publik, bertujuan
menanamkan goodwill, kepercayaan,
saling adanya pengertian, dan citra yang
baik dari publiknya.
TUGAS PUBLIC RELATIONS
Lima pokok tugas Public Relations sehari-hari sebagai berikut :
- Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui gambar(visual) kepada publik, supaya publik mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan, tujuan serta kegiatan yang dilakukan. Itu semua disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan harapan publik internal atau eksternal dan memperhatikan, mengolah, mengintegrasikan pengaruh lingkungan yang masuk demi perbaikan dan perkembangan organisasi.
- Memonitor, merekam dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat. Di samping itu, menjalankan dan bertanggung jawab terhadap kehidupan kita bersama dengan lingkungan.
- Memperbaiki citra organisasi.Bagi PR, menyadari citra yang baik tidak hanya terletak pada bentuk gedung, presentasi, publikasi dan seterusnya, tetapi terletak pada (1) bagaimana organisasi bisa mencerminkan organisasi yang dipercayai, memiliki kekuatan, mengadakan perkembangan secara berkesinambungan yang selalu terbuka untuk dikontrol, dievaluasi; (2) dapat dikatakan bahwa citra tersebut merupakan gambaran komponen yang kompleks.
- Tanggung jawab sosial. PR merupakan instrumen untuk bertanggung jawab terhadap semua kelompok yang berhak terhadap tanggung jawab tersebut. Terutama kelompok publik sendiri, publik internal, dan pers.
- Komunikasi.PR mempunyai bentuk komunikais yang khusus, komunikasi timbal balik, maka, pengetahuan komunikasi menjadi modalnya. Dalam fungsinya, komunikasi itu sentral. Perlu juga untuk dimiliki adalah pengetahuan manajemen dan kepemimpinan, struktur organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar