Community relations adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan/organisasi dengan komunitas masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial dan saling pengertian. Community Relations pada dasarnya adalah kegiatan public relations, maka langkah-langkah dalam proses public relations pun mewarnai langkah-langkah dalam community relations.
Unsur-unsur Community Relations
- Kesejahteraan komersial
- Dukungan agama
- Lapangan kerja
- Fasilitas pendidikan yang memadai
- Hukum, ketertiban dan keamanan
- Pertumbuhan penduduk
- Perumahan beserta kebutuhannya yang sesuai
- Perhatian terhadap keselamatan umum dan penanganan kesehatan yang progresif
- Kesempatan bereaksi dan berkebudayaan yang bervariasi
Manfaat Community Relations
a. Komunitas pada organisasi
– Reputasi dan citra organisasi yang lebih baik
– Memanfaatkan pengetahuan dan tenaga kerja lokal
– Menarik tenaga kerja, pemasok, pemberi jasa dan mungkin pelanggan lokal yang bermutu.
b. Organisasi pada Komunitas
– Peluang penciptaan kesempatan kerja, pengalaman kerja dan pelatihan
– Pendanaan investasi komunitas dan pengembangan infrastuktur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar