Sabtu, 11 Mei 2019

Internal Relations














 Internal Relations

    Menurut Ardianto (2011, h. 99) definisi internal public relations adalah kegiatan PR untuk membina hubungan dengan public internal, seperti karyawan,  para manajer, para manajemen, dan para pemegang saham (stockholders) agar citra dan reputasi perusahaan atau organisasi tetap positif di mata public internal.
Kegiatan hubungan internal ini pun  berupaya tetap memelihara  budaya perusahaan (corporate culture) yang sudah terbentuk sebelumnya. Melalui budaya  perusahaan ini pula, akan membentuk senses of belonging
(rasa memiliki) dan sense of responbility
(rasa tanggung  jawab) public internal pada organisasi dan perusahaan.



Peran dan Fungsi Internal Public Relations

       Peran internal PR merupakan aplikasi fungsi dan tugas internal PR adalah membantu staf untuk mengerti tentang visi, misi serta values dari organisasi perusahaan. Aktivitas ini melibatkan semua hal isu yang mempengaruhi suasana kerja dan memastikan staf mendapat informasi tentang keputusan  penting manajemen .

 Kegiatan Internal Public Relations 

Kegiatan internal public relations dalam lingkup hubungan dengan karyawan (employee relations) dalam suatu organisasi atau perusahaan dapat  dilaksanakan dalam bentuk  berbagai macam aktivitas dan  program, menurut Ruslan (2003, h. 259) antara lain: Program pendidikan dan  pelatihan Program pendidikan dan pelatihan dilaksanakan oleh perusahaan, dalam upaya meningkatkan kinerja dan keterampilan (skill) karyawan, dan kualitas maupun kuantitas  pemberian jasa pelayanan dan lain sebagainya. 

a. Program motivasi kerja  berprestasi Program tersebut dikenal dengan istilah Achievment motivation training (AMT), dimana dalam  pelatihan tersebut diharapkan dapat mempertemukan antara motivasi dan prestasi (etos) kerja serta disiplin karyawan dengan harapan-harapan atau keinginan dari pihak  perusahaan dalam mencapai  produktivitas yang tinggi.  

b. Program penghargaan Program penghargaan yang dimaksudkan disini adalah upaya pihak perusahaan (pimpinan) memberikan suatu  penghargaan kepada para karyawan, baik yang  berprestasi kerja maupun cukup lama masa pengabdian  pekerjaan yang diharapkan kelak akan menimbulkan loyalitas dan rasa memiliki
(sense of belonging) yang tinggi terhadap perusahaan. 

c. Program acara khusus (special events) Yakni merupakan  program khusus yang sengaja dirancang diluar bidang  pekerjaan sehari-hari, misalnya dalam rangka event ulang tahun perusahaan, diadakan kegiatan keagamaan, olah raga, lomba dan hingga berpiknik  bersama yang dihadiri oleh  pimpinan dan semua para karyawannya.Kegiatan dan  program tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa keakraban bersama diantara sesama karyawan dan  pimpinan. 

d.Program media komunikasi internal Membentuk media komunikasi internal melalui buletin, news release (majalah dinding) dan majalah  perusahaan / PR yang  berisikan pesan, informasi dan  berita yang berkaitan dengan kegiatan antar karyawan atau  perusahaan dan pimpinan. 

Mendukung Efektifitas Internal Public Relations

Ada tiga hal yang sangat mempengaruhi tingkat efektifitas humas internal, yaitu:

a.Keterbukaan pihak manajemen. 
b.Kesadaran pengakuan pihak manajemen akan nilai dan arti  penting komunikasi dengan  pegawai.
c.Keberadaan seorang manajer komunikasi (kepala humas) yang tidak hanya ahli dan  berpengalaman, tetapi juga didukung oleh sumber daya teknis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar