Krisis bersumber dari berbagai hal,bersifat internal dan eksternal :
a. Persoalan internal : konflik manajemen , konflik karyawan,yang berakibat menurunnya kualitas perusahaan.
b. Persoalan eksternal : Konflik antara perusahaan dengan publiknya.
Isu , Krisis , dan Konflik
- Isu adalah suara negatif baik di masyarakat ataupun di media massa tentang suatu perusahaan
- Konflik adalah suatu perjuangan / kontes diantara orang - orang yang memliki kebutuhan
- Citra adalah persepsi orang terhadap suatu realitas tertentu.
Persepsi, realitas , dan citra harus dibangun dengan pondasi kredibilitas ( kepercayaan )
Tahapan Krisis
Tahapan krisis , menurut Rhenald Kasali membagi anatomi krisis :
- Tahap prodomal : Dimana krisis baru muncul
- Tahap Akut : Pola dimana persoalan mulai muncul ke permukaan
- Tahap Kronik : Dimana krisis telah berlalu dan meninggalkan puing - puing masalah akibat krisis.
- Tahap Resolusi : Dimana manajemen harus memulihkan kekuatan lagi seperti sedia kala.
Penanganan Krisis
- Saat krisis terjadi penyelesaian konflik menjadi hal yang penting.
- Meskipun konflik sudah selesai, citra perusahaan tidak akan membaik dengan sendirinya.
- Masih diperlukan untuk menjaga citra organisasi tidak merosot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar